#footer-column-divide { clear:both;background: #3B5998;color:#ffcc66; } .footer-column { padding: 10px; }

UNIVERSITAS INDONESIA

Veritas, Probitas, Justisia

IMS FTUI 2014

Integratif dan Kontributif

Civil Engineering

Proud To Be Civil Engineer

CENS UI 2013

Contribute to our country

OIM FTUI 2014

Ayo sipil pasti bisa rebut juara !!! #SemangatBerprestasi

Kamis, 04 Oktober 2012

MARI MENIRU SISTEM PENGOLAHAN SAMPAH JEPANG

  
Sumber : http://luar-negeri.kompasiana.com/2012/06/29/ayo-meniru-metode-pengolahan-sampah-ala-jepang/

Kebersihan mungkin adalah suatu kata yang hampir bosan kita dengar karena sudah didengungkan ke telinga kita sejak masih kecil hingga usia dewasa. Kebersihan seakan jadi mimpi tak berwujud bagi sebagian penduduk Indonesia. Suatu kata yang begitu indah didengar tetapi begitu sulit diwujudkan. Bahkan kota yang mempunyai jargon “kota bersih” di embel-embel namanya juga tidak lepas dari sampah berserakan. Bagi sebagian orang, membuang sampah adalah membuang sampah dalam arti yang sebenar-benarnya, dibuang begitu saja tanpa peduli lagi dengan dampaknya ke lingkungan sekitar, yang penting sampah itu jauh darinya.
Persoalan sampah mungkin menjadi masalah tanpa solusi bagi negara-negara berkembang, namun tidak bagi negara maju. Contohnya dii Jepang persoalan sampah mendapat perhatian serius pemerintah dengan menerapkan aturan yang ketat dalam hal pembuangan sampah. Menurut beberapa sumber, pada era 1960-an kondisi kota Tokyo tidak jauh beda dengan kondisi kota-kota di Indonesia dengan sampah yang berserakan. Namun jangan pernah membayangkan hal yang sama terjadi di era sekarang. Mungkin banyak di antara teman-teman yang pernah ke Jepang begitu tercengang melihat kebersihan lingkungan di Jepang. Sampah berserakan yang menjadi bagian tak terpisahkan dari pemandangan harian beberapa sudut kota di Indonesia bukanlah pemandangan yang mudah dijumpai di Jepang atau boleh dibilang hampir mustahil ditemukan karena saking bersihnya.
Sebagai bagian dari keseharian anda di Jepang, memahami tentang aturan membuang sampah adalah hal yang harus anda lakukan sejak hari pertama anda menginjakkan kaki anda di negera matahari terbit ini. Tiap-tiap daerah di Jepang mempunyai aturan yang sedikit berbeda satu sama lain, tergantung Tempat Pengolahan Sampah terpadu yang tersedia di daerah tersebut. Namun secara umum cara pemisahan sampah di Jepang dapat dilihat seperti ditunjukkan dalam gambar berikut.

Jika anda belum mampu membaca tulisan Jepang, perhatikan saja gambar yang ditampilkan, yang menunjukkan pengkategorian sampah dilihat dari jenisnya. Masing-masing sampah tersebut sudah diatur sedemikian rupa kapan jadwal pembuangan sampah bisa dilakukan dan bagaimana cara membuangnya. Jika kita membuang sampah tidak pada hari yang ditentukan, petugas sampah tidak akan mengambil sampah yang kita tempatkan di bak sampah kita dan umumnya diberi peringatan yang ditulis di bak sampah tersebut kalau kita salah membuang sampah. Dalam beberapa kasus (tergantung daerahnya) jika pelanggaran itu dilakukan berulang-ulang akan ada hukuman berupa denda.
Pengetahuan tentang bagaimana cara membuang sampah dengan cara memisahkan sampah sesuai jenisnya tidak hanya diperlukan bagi mereka yang tinggal di jepang dalam periode lama saja. Bagi anda yang melakukan kunjungan singkat ke Jepang untuk keperluan seminar atau rekreasi misalnya kebiasaan ini juga harus anda perhatikan. Umumnya di tempat-tempat umum di Jepang tersedia tempat sampah untuk membuang sampah, yang terdiri dari berbagai macam tempat sampah berdasarkan jenis sampah yang boleh ditaruh. Ada tempat sampah untuk sampah yang bisa dibakar, ada tempat sampah untuk sampah yang tida bisa dibakar, ada tempat sampah untuk botol dan kaleng, dan sebagainya.
Dulu sewaktu tinggal di asrama Kampus, yang masuk wilayah midoriku Yokohama,  mueru gomi (sampah yang bisa dibakar) hanya boleh dibuang pada hari senin dan Jumat saja. mueranai gomi (sampah yang tidak bisa dibakar) hanya boleh dibuang setiap hari rabu. Sampah jenis aluminium hanya bisa dibuang hari selasa minggu ke-2 dan ke-4 saja. dan seterusnya. Untuk lebih detailnya tentang aturan membuang sampah di area Midoriku Yokohama perhatikan gambar-gambar berikut yang saya ambil dari buku aturan petunjuk cara membuang sampah untuk kawasan midoriku yokohama (klik untuk memperbesar tampilan gambar). Saat pindah ke apartemen di wilayah Tokyo, aturan dan jadwal pembuangan sampah berbeda, jadi harus mengikuti petunjuk yang dikeluarkan oleh city office.






Semoga metode pengolahan sampah ini bisa dilaksanakan juga di Indonesia

Rabu, 05 September 2012

FREE DOWNLOAD EBOOK STRUCTURAL CONCRETE

Structural Concrete: Theory and Design [FREE DOWNLOAD]


For Sipilista, let's download this Ebook for your study.
:)

The Fourth Edition of Structural Concrete: Theory and Design brings this text fully up to date while maintaining its acclaimed easy-to-follow, logical approach. Working with the text’s numerous step-by-step examples, students quickly grasp the principles and techniques of analyzing and designing reinforced and prestressed concrete elements. Moreover, the authors’ emphasis on a top quality, economical approach helps students design concrete structures and members with confidence.
Fully updated and revised, the Fourth Edition features:
* Latest coverage reflecting the ACI 318-08 code
* Seismic design chapter incorporates the latest of the International Building Code (IBC 2006)
* AASHTO method for predicting concrete creep and shrinkage
* New chapter dedicated to the design of curved beams
* SI unit examples, equivalent conversion factors from customary units to SI units, and SI unit design tables
Practical problems in each chapter enable students to apply and assess their knowledge as they advance through the text. The text’s companion Web site gives students more opportunities to apply their knowledge, with such features as MS Excel spreadsheets that offer an interactive environment for evaluating different design aspects of concrete members.
This text is an outgrowth of the two authors’ lecture notes, reflecting more than twenty-five years of both classroom teaching and industrial experience. It is structured to cover a two-course sequence on the design of reinforced concrete structures as well as provide a comprehensive up-to-date reference for practicing engineers

Glass Work in High Rise Building Construction

 Source : http://civilengineerblog.com/glass-work-high-rise-building-construction/

Glass type and the cladding supporting details must meet the requirements of the design, the steel details must be painted anti-rust. The moving details (like hinge, pin and varieties of locks …) are not be leaned against the glass and the glass frame structure.
Mastic installing glass will be plastic enough to insert glass and calk tightly plots between glass and frame. After placing into the position of frame, the surface of glass shouldn’t be cracked. As inserting the mastic, it shouldn’t press strongly. The plastic and soft of the mastic will easily press and flat to create the continuous lines without rough, without sticky in neither the glass nor frame and without sliding to the surface of structure.
When checking plastic of the mastic with the pressing layer thick 0.5mm arranging to the steel panel, will not less than 20mm. Mastic near glass when put into use must be packed tightly with the brand of manufacturing place and must be ensured for the product quality as regulated.
The glass product delivered to the Site must be ready tolled in accordance with the order dimension or design. Enclosed with the glass product must have the cladding supports and positioning nails. The glass cutting must be done by the professional workers. The glass products after cut must be packed into the container in accordance with each size and arrange into set for each room, flat or construction.
The glass will be installed deep into the groove of the frame as ¾ the width of the groove. Between glass face and the slope of groove will have an opening area at least 2mm for insert mastic. The layer of mastic above will be continuous, smooth.
Plain glass, decorating patterned glass, opaque glass, structured glass besides the designed regulations, must be positioned firmly by suitable details with the material & structure of the glass frame as follows:
• Wooden frame – the glass is positioned by the pin, the space between the pins is not over 300mm. On each glass side, no. of positioning pins is minimum two.
• If use the steel splint, between the glass and splint must have the rubber supporting and use the positioning screw with the inclining angle of 450 compare to the glass plane.
• Steel frame – Aluminium alloy frame – the glass is positioned by the rubber splint with the galvanized steel splint. Connection between splint and frame depending on the screws put into the ready tolled holes. For some kinds of steel or Aluminium alloy frames, to position the glass, use the forming splint with the enclosed rubber supports
• Plastic frame – the glass is positioned by the plastic splint screwed & and placed mastic inside.
• Reinforced concrete frame – the glass is positioned by the steel edging details
plunged into the concrete & the steel splints with the plastic or rubber support.
In the house & the other civil constructions, do not allow to assembly the connected glass (in one glass compartment), the glass got the cracks over 10mm long, the unable cleaning stain or the glass got foreign bodies or other defectives …In case that the glass compartment has got the connection, need to negotiate with the construction designer. Then, one glass compartment can be assembled by two pieces & place overlapped one piece of 20mm. Two sides of the glass piece must be positioned tightly by splint with no. of screws or nails at least 2, then filled two sides by mastic.
The glass assembling into frame belongs to the covering structure takes the light from outside, besides the tight position and tight connection between glass & frame, need to ensure for not let water go through or absorb through the connected positions between the glass & frame. The steel connecting details must be anti-rusted by painted or galvanized. The used mastic must stand the affection of regular rain & sun.
The multi-layer glass must be installed into the wooden frame, steel frame or reinforced steel frame as well as fixed tightly by rubber spacer, plastic spacer with steel splint or by screw and placing mastic.

Minggu, 02 September 2012

BANGUNAN TERLUAS DI DUNIA


Sumber : http://dicopasdong.blogspot.com/2012/07/bangunan-bangunan-terluas-di-dunia.html
Berikut adalah beberapa bangunan terluas di dunia yang sempat dikutip oleh IPTEK IMS 2012.

10. Suvarnabhumi Airport, Thailand
dicopasdong.blogspot.com - Bangunan Bangunan Terluas Di Dunia


Boleh dibilang bahwa bandara Suvarnabhumi Airport adalah salah satu bandara terbesar di Asia Tenggara, dengan ruang tunggu yang luas serta ruang kendali dan administrasi yang luas juga, total luas seluruh bangunan ini adalah sebesar 563,000 m (lapangan landasan pesawat tidak masuk hitungan). 



9. Hong kong International Airport, China

dicopasdong.blogspot.com - Bangunan Bangunan Terluas Di Dunia


Peringkat sembilan masih tetap dikuasai oleh bandara, namun kali ini bukan dari Asia Tenggara, melainkan dari China, yaitu Hong kong International Airport, sebagai salah satu bendara tersibuk di dunia, bangunan bandara ini mempunyai luas sebesar 570,000 m.

8. K-25, USA

dicopasdong.blogspot.com - Bangunan Bangunan Terluas Di Dunia


K-25, USA adalah sebuah pusat produksi dan penelitian uranium milik Amerika Serikat yang berada di daerah Tennesee. Bangunan ini dibangun pada tahun 1945 dan menghabisakn biaya sampai 512 juta dollar. Seluruh area bangunan ini adalah seluas 609,000 m.

7. Pentagon, USA

dicopasdong.blogspot.com - Bangunan Bangunan Terluas Di Dunia


Pentagon adalah markas pusat militer dan pertahanan Amerika Serikat, jadi tak heran jika Pentagon mempunyai luas yang sangat luar biasa, gan.com hal ini dikarenakan di Pentagon terdapat banyak senjata dan berbagai teknologi kemiliteran milik Amerika Serikat, luas seluruh bangunan ini mencapai 610,000 m.

6. The Palazzo, USA

dicopasdong.blogspot.com - Bangunan Bangunan Terluas Di Dunia


Peringkat 6 masih tetap ditempati oleh Amerika Serikat, namun kali ini bukan bangunan kemiliteran, melainkan sebuah hotel dan kasino megah yang berada di Amerika Serikat. The palazo hotel and resort merupakan bangunan mewah dengan konstruksi kelas satu. Luas bangunan ini mencapai 645,581 m. 



5. Berjaya Times Square, Malaysia

dicopasdong.blogspot.com - Bangunan Bangunan Terluas Di Dunia


Berjaya Times Square adalah sebuah pusat shoping dan hiburan terbesar di Malaysia. Di dalam Berjaya Times Square terdapat dua hotel bintang lima, pusat perbelanjaan, kantor, taman indoor, dan fasilitas mewah lainnya, luas bangunan ini adalah 700,000 m.

4. The Venetian, Makau, China

dicopasdong.blogspot.com - Bangunan Bangunan Terluas Di Dunia


Sebagai tujuan wisata utama sekaligus ajang judi dunia, Makau memerlukan sebuah tempat komplek yang di dalamnya ada kasino, hotel, mall dan sebaginya. Dan The Venetian lah jawabanya, tempat ini memenuhi semua syarat sebagai tempat rehat wisatawan Makau, luas The Venetian ini mencapai 980,000 m.

3. Beijing Capital International Airport, China

dicopasdong.blogspot.com - Bangunan Bangunan Terluas Di Dunia


Beijing capital international Airport adalah bandara penting di China, Beijing Capital International Airport tercatat sebagai bandara tersibuk ke-8 dunia serta bandara terluas ke-2 di dunia, luas bandara ini mencapai 986,000 m.

2. Aalsmeer Flower Auction, Belanda

dicopasdong.blogspot.com - Bangunan Bangunan Terluas Di Dunia


Aalsmeer Flower Auction adalah sebuah pusat pasar bunga dunia, setiap harinya, ribuan dan jutaan bunga datang untuk dipasarkan ke Belanda dan seluruh Eropa, luas pasar bunga terbesar di dunia ini mencapai 990,000 m. 



1. Dubai International Airport, Dubai

dicopasdong.blogspot.com - Bangunan Bangunan Terluas Di Dunia


Dubai International Airport adalah bandara terbesar di dunia, dengan 97 escalator, 157 lift, 180 check-in counters, dan ruang parkir yang sanggup menampung sampai 2600 mobil membuat bandara ini terpilih sebagai bangunan terluas di dunia dengan luas total bangunan mencapai 1,500,000 m.

Kamis, 30 Agustus 2012

MANFAAT MANAJEMEN KONSTRUKSI



Yang dimaksud dengan proyek adalah suatu usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang dibatasi oleh waktu dan sumber daya yang terbtas. Sehingga pengertian proyek konstruksi adalah suatu upaya untuk mencapai suatu hasil dalam bentuk bangnan atau infrastruktur.

Manajemen proyek konstruksi adalah proses penerapan fungsi-fungsi manajemen (perencanaan, pelaksanaan dan penerapan) secara sistimtis pada suatu proyek dengan mengunkan sumber daya yang ada secara efktif dan efsien agar tercapai tujuan proyek secara optimal.

Manajemen Konstruksi meliputi mutu fisik konstruksi, biaya dan waktu. manajemen material dan manjemen tenaga kerja yang akan lebih ditekankan. Hal itu dikrenakan manajemen perecanaan berperan hanya 20% dan sisanya manajemen pelaksanaan termasuk didalamnya pengendalian biaya dan waktu proyek.

Manajemen konstruksi memiliki beberapa fugsi antara lain :

1. Sebagai Quality Control untuk menjaga kesesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan
2. Mengantisipasi terjdinya perubahan kondisi lapngan yang tidak pasti dan mengatasi kendala terbatasnya waktupelaksanaan
3. Memantau prestasi dan kemajuan proyek yang telah dicpai, hal itu dilakukan dengan opname (laporan) harian, mingguan dan bulanan
4. Hasil evaluasi dpat dijadikan tindakan pengmbilan keptusan terhadap masalah-masalah yang terjadi di lapangan
5. Fungsi manajerial dari manajemen merupakan sistem informasi yang baikuntuk menganalisis performa dilapangan

Tujuan Manajemen Konstruksi
Sasaran Manajemen Konstruksi adalah mengelola fungsi manajemen atau mengatur pelaksanaan pembangunan sedemikian rupa sehingga diperoleh hasil optimal sesuai dengan persyaratan (spesification) untk keperluan pencapaian tujuan ini, perlu diperhatikan pula mengenai mutu bangunan, biaya yang digunakan dan waktu pelaksanaan Dalam rangka pencapaian hasil ini selalu diusahakan pelaksanaan pengawasan mutu ( Quality Control ) , pengawasan biaya ( Cost Control ) dan pengawasan waktu pelaksanaan ( Time Control ).

Penerapan konsep manajemen konstruksi yang baik adalah mulai tahap perencanaan, namun dapat juga pada tahap - tahap lain sesuai dengan tujuan dan kondisi proyek tersebut sehingga konsep MK dapat diterapkan pada tahap - tahap proyek sebagai berikut

1. Manajemen Konstruksi dilaksanakan pada seluruh tahapan proyek. Pengelolaan proyek dengan sistem Manajemen Konstruksi, disini mencakup pengelolaan teknis operasional proyek, dalam bentuk masukan - masukan dan atau keputusan yang berkaitan dengan teknis operasional proyek konstruksi, yang mencakup seluruh tahapan proyek, mulai dari persiapan, perencanaan, perancangan, pelaksanaan dan penyerahan proyek.

2. Tim Manajemen Konstruksi sudah berperan sejak awal disain, pelelangan dan pelaksanaan proyek selesai, setelah suatu proyek dinyatakan layak ('feasible ") mulai dari tahap disain.

3. Tim Manajemen Konstruksi akan memberikan masukan dan atau keputusan dalam penyempurnaan disain sampai proyek selesai.

4. Manajemen Konstruksi berfungsi sebagai koordinator pengelolaan pelaksanaan dan melaksanakan fungsi pengendalian atau pengawasan.

Sumber: www.ilustri.org

MITI PAPER CHALLENGE 2012

Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan Berbasis Green Innovation Guna Menyelamatkan Masa Depan Perekonomian Indonesia
KETENTUAN KOMPETISI MPC
A.   Persyaratan
Persyaratan untuk mengikuti kompetisi MITI Paper Challenge ini antara lain:
  1. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif  Diploma atau S-1  atau alumni Perguruan Tinggi maksimal 1 tahun di seluruh Indonesia
  2. Peserta dapat perseorangan atau berkelompok 2-3 orang dalam satu/beda Perguruan Tinggi.
  3. Seorang mahasiswa tidak diperkenankan merangkap sebagai ketua penulis pada kelompok bidang yang lain.
  4. Seorang mahasiswa maksimal menjadi tim pada 2 kelompok.
  5. Setiap peserta/kelompok dibimbing oleh seorang dosen pembimbing.

B.    Substansi
  1. Substansi tulisan merupakan gagasan atau hasil penelitian  yang telah teruji.
  2. Gagasan yang ditulis dapat berupa deskripsi, analisis, maupun sintesis fenomena-fenomena yang diangkat secara ilmiah, serta didukung oleh referensi ilmiah baik yang berasal dari buku, hasil penelitian sebelumnya, maupun jurnal hasil penelitian.

C.   Bidang Kajian
Lingkup bidang kajian MITI Paper Challenge (MPC) 2012 mempunyai
Tema : Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan Berbasis Green
             Innovation Guna Menyelamatkan Masa Depan Perekonomian
             Indonesia
Sub Tema :
  1. Ekonomi kreatif
  2. Social Technopreneur
  3. Green Innovation berbasis SDAL
  4. Nanotechnology
  5. Pengelolaan Sumber daya Alam
  6.  Kebijakan pemerintah dalam hal SDAL (Sumber Daya Alam dan Lingkungan) dan ekonomi
  7. Penerapan pengelolaan SDAL dalam pendidikan
 mencakup 3 bidang yaitu: Sosial, Sains, dan Pendidikan

D. Alur Seleksi Naskah

Alur seleksi dari MITI Paper Challenge adalah, sebagai berikut:
1 Agustus-30 September 2012   Penerimaan naskah
7 Oktober 2012                                 Pengumuman seleksi administratif
1 November 2012                            Pengumuman 10 jurnal terbaik
13-14 Desember 2012                    Presentasi 10 jurnal terbaik
15 Desember 2012                           Pengumuman pemenang pada acara IIEO

E. Ketentuan Penulisan
  1.  Naskah ditulis dalam kertas ukuran A4, huruf times new roman, font 12, spasi 1.5, margin normal, before & after spacing 0 pt.
  2. Jumlah halaman 8-12 halaman* mencakup: Judul; Abstrak (sebutkan kata kunci); Pendahuluan; Kajian pustaka; Metodologi; Pembahasansolusi permasalahan; Kesimpulan; Referensi; Lampiran (jika ada); Biodata singkat penulis (dibuat dalam bentuk narasi maksimal 100 kata)
  3. Disertakan lembar sampul dan orisinalitas karya (di luar jumlah 12 halaman). 
F. Juri
  • Perwakilan dari MITI Innovation Centre
  • Perwakilan dari MITI Mahasiswa
  • Perwakilan dari akademisi/praktisi

H. Biaya Pendaftaran
Biaya pendaftaran sebesar Rp 30.000,00 dikirimkan ke rekening panitia:
Panitia MPC 2012 MITI Mahasiswa
a.n Mega Trishuta Pathiassana
Bank Mandiri KCP. Depok UI
No.Rekening: 157-00-0254961-7

I. Format Pendaftaran
  Formulir Pendaftaran (70.5 KiB, 75 hits)
atau dapat diunduh di sini. Formulir dikirim kembali ke ripimitim@yahoo.com paling lambat 30 September 2012 pukul 23.59 WIB dalam format (.doc), dalam 1 file archive (.zip) bersama dengan file naskah (.doc), scan KTM (.jpg), dan scan bukti pembayaran (.jpg).
Format penamaan file :
  1. Formulir: Formulir-Nama.doc. Contoh: Formulir–Ferry,irawan,santi.doc
  2. Naskah jurnal: Judul naskah-Nama.doc. Contoh: Pemanfaatan Sansiviera Sebagai Komponen Penguat Dalam PMC-Ferry,irawan,sant.doc
  3. Scan KTM: KTM – Nama.jpg. Contoh: KTM–Ferry,irawan,santi.jpg
  4. Scan Bukti Pembayaran: Bukti Pembayaran-Nama.jpg. Contoh: Bukti Pembayaran–ferry,irawan,santi.jpg
  5. File .zip: MPC 2012- Universitas-Nama-Judul naskah.zip. Contoh: MPC 2012–USU- ferry,irawan,santi-Pemanfaatan Sansiviera sebagai Komponen Penguat Dalam PMC. zip
Format subjek email : MPC 2012–Universitas-Nama-Judul naskah. Contoh: MPC 2012-USU-Ferry, irwan, santi-Pemanfaatan Sansiviera sebagai Komponen Penguat Dalam PMC
*Registrasi dianggap valid bila bukti pembayaran telah dikirim via email.

J. Kriteria Penilaian

  Kriteria Penilaian (93.0 KiB, 70 hits)
atau dapat diunduh di sini.
K. Hadiah
Juara 1 : Trophy, Piagam Penghargaan, Uang Tunai Rp 3.000.000,00
Juara 2: Trophy,  Piagam Penghargaan, Uang Tunai Rp 2.000.000,00
Juara 3 : Trophy, Piagam Penghargaan, Uang Tunai Rp 1.000.000,00
Juara Harapan 1, 2, 3 : Piagam Penghargaan dan  Uang Tunai @Rp 500.000,00
4 Finalis lainnya : Piagam penghargaan dan hadiah hiburan dari sponsor
Semua finalis akan mendapatkan buku dari kumpulan jurnal 10 finalis.

L. Kontak Panitia
Jika ada pertanyaan atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Yufita Eftiana:081803306030 (eftiana@yahoo.co.id)
Misdawita: 085265858063 (misdawita04@gmail.com)
Heru Edi Kurniawan: 085876104972 (heruedi@gmail.com)

MORE INFORMATION :
http://mitimahasiswa.com/2012/08/02/miti-paper-challenge-2012/


Jumat, 03 Agustus 2012

TIPS MENGHEMAT BIAYA KONSTRUKSI

Struktur memiliki pengaruh signifikan terhadap anggaran biaya pembangunan rumah. Terkadang, pembuatan struktur memakan 40 - 50 persen dari total biaya. Untuk menyiasati biaya mahal ini, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Ukuran rumah

Pastikan ukuran rumah Anda merupakan angka genap atau kelipatan angka panjang bahan material. Untuk baja, ukurannya 3 meter, 6 meter, 9 meter adalah angka ideal. Untuk beton, kelipatan 4 meter merupakan angka yang efektif.

Bentuk rumah

Bentuk denah kotak atau persegi panjang yang jauh lebih murah dan efisien ketimbang segitiga atau bentuk bersudut lainnya. Dari sisi material bangunan, bentuk melengkung biasanya menyisakan bahan material cukup banyak.

Lahan rumah

Lokasi juga mempengaruhi besar biaya struktur dan konstruksi. Memilih lahan dengan kemiringan yang cukup curam akan menambah biaya perataan rumah.

Kondisi cuaca dan iklim

Perhatikan pula bentuk struktur dan kosntruksi rumah tradisional setempat. Biasanya rumah vernakular sudah mengalami proses trial and error sehingga diperoleh desain yang paling sesuai dengan kondisi alam.

Sumber daya manusia

Jika Anda ingin membangun rumah murah, carilah tukang atau mandor handal. Terlebih bila Anda tak memiliki banyak waktu untuk mengawasi pembangunan. Mungkin upah mereka sedikit lebih mahal, namun biaya pembangunan jadi tidak membengkak.

Gunakan material lokal

Cara lain untuk mengurangi biaya pembangunan rumah adalah dengan menggunakan bahan bangunan sederhana namun bermutu. Beberapa material alternatif lokal dapat dipakai, selain menghemat energi juga tersedia banyak di sekitar hunian tempat tinggal. Contoh material lokal seperti bambu, batu bata, kayu, dan kayu kelapa.

Material alternatif

Selain material bangunan pada umumnya, sekarang ini ditemukan teknologi bahan alternatif yang lebih efektif. Material tersebut seperti semen mortar, beton aerasi, kertas, styrofoam (EPS Sandwich Panel), Fiber Semen, dan kotainer.

Sumber: Seri Rumah Ide Rumah Murah, Imelda Akmal Architecture Writer Studio, Gramedia Pustaka Utama

Senin, 02 Juli 2012

PANEL DINDING BANGUNAN RAMAH LINGKUNGAN DARI KOMPOSIT LIMBAH PABRIK KERTAS (SLUDGE), SABUT KELAPA DAN SAMPAH PLASTIK: PENGARUH KOMPOSISI BAHAN DAN BEBAN PENGEMPAAN TERHADAP KUAT LENTUR (BENDING)

Telah dilakukan penelitian tentang pemanfaatan limbah pabrik kertas (sludge), sabut kelapa
dan sampah plastik sebagai bahan baku pembuatan panel bangunan ramah lingkungan yang
diharapkan memiliki kekuatan/karakteristik mekanik tinggi segingga di masa mendatang dapat
dijadikan sebagai panel bangunan tahan gempa. Dilaporkan dalam penelitian sebelumnya
bahwa kelimpahan limbah pabrik kertas berupa sludge menjadi problem besar dalam industri
kertas di Indonesia dengan limbah mencapai 7,7 juta ton pertahun dan industri kertas yang
terpusat di Surabaya memberikan kontribusi 98% dari seluruh limbah industri yang dibuang ke
Kali Surabaya. Padahal sludge pabrik kertas termasuk kategori B3 yang mengandung logam
berat. Sampai sekarang limbah sludge menjadi problem lingkungan yang belum terpecahkan.
Di pihak lain, Indonesia merupakan penghasil kelapa (kopra) terbesar ke tiga di dunia dan
komponen utama buah kelapa berupa sabut kelapa (35%) belum dimanfaatkan secara optimal.
Ditambah lagi dengan jumlah sampah plastik di Indonesia mencapai 1,6 ton pertahun sehingga
mejadi problem lingkungan yang serius. Selanjutnya Kebutuhan bahan bangunan yang ramah
lingkungan dan tahan gempa merupakan kebutuhan teknologi konstruksi, karena sebagian
besar wilayah Indonesia adalah wilayah rawan gempa. Penelitian ini telah merujuk pada hasilhasil
penelitian sejenis terdahulu kaitannya dengan proses pembuatan dan pengujian
karakteristik mekaniknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi beban pengempaan
pada saat pencetakan panel bangunan dan komposisi sabut kelapa (% b/b) ternyata
berpengaruh secara signifikan terhadap karakteristik mekaniknya. Diperoleh kuat lentur
(bending) optimal, yakni 77,81 kg/cm2 dengan beban pengempaan 2000 bars dan komposisi
sabut kelapa sebesar 2 % (b/b). Hasil penelitian ini akan dikembangkan secara komprehensif
kaitannya dengan pencapaian hasil yang lebih optimal.

Kata-kata kunci: limbah pabrik kertas, sabut kelapa, sampah plastik

Dikutip dari paper karya :
Fajriyanto dan Feris Firdaus
Pusat Penelitian Sain dan Teknologi, Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
Email: fajriyanto@ftsp.uii.ac.id

Minggu, 24 Juni 2012

Perkembangan Transportasi di Indonesia

Berapa lama waktu yang diperlukan jika hendak bepergian dari Jakarta ke Surabaya? Hanya sekitar 1,5 jam saja bila menggunakan pesawat. Bila memilih menggunakan jasa kereta api, waktunya sekitar 12-18 jam. Padahal, pada zaman dulu sewaktu belum ada sarana transportasi modern, perjalanan Jakarta-Surabaya harus ditempuh selama berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan. Wow, lama sekali, ya?
Bagaimana sih perkembangan alat transportasi di negeri kita ini? Yuk, kita simak kisahnya!
Transportasi Air
Di Indonesia, sebagai negara bahari, perahu dan kapal merupakan alat transportasi dan komunikasi penting sejak awal peradaban Nusantara. Tak heran, alat transportasi yang paling banyak ragamnya di Indonesia adalah perahu dan kapal.
Setiap daerah berpantai di Indonesia memiliki jenis perahu tradisional dengan bentuk dan ornamen khas. Misalnya, Pinisi dari Makasar, Sope dari Jakarta, Alut Pasa dari Kalimantan Timur, Lancang Kuning dari Riau, Gelati dari Perairan Bali, dan Kora-kora dari Maluku.
Di beberapa daerah di Indonesia, misalnya Kalimantan, jalur penghubung utama antarwilayah adalah sungai. Transportasi utama yang banyak digunakan adalah perahu. Mulai dari perahu kecil yang disebut kelotok atau ketingting yang bisa memuat 10 penumpang, hingga bus air berupa perahu panjang (long boat) yang bisa mengangkut puluhan penumpang.
Transportasi Darat
Di Pulau Jawa, yang menjadi pusat perkembangan peradaban Nusantara sejak abad ke-4, jalur perhubungan yang berkembang adalah jalur darat. Kuda banyak dipakai untuk bepergian karena kekuatan dan kecepatannya. Alat transportasi yang berkembang pun menggunakan jasa kuda, misalnya, kereta kuda yang kemudian berkembang menjadi andong atau delman. Sedangkan untuk mengangkut barang, selain menggunakan jasa kuda, juga ada pedati yang ditarik sapi atau kerbau.
Awal masuknya transportasi darat modern di Indonesia dimulai pada masa pendudukan Belanda, di pusat pemerintahannya saat itu yang berada di Batavia atau Jakarta. Pemerintah Belanda membangun jalur kereta api dengan rute Batavia-Buitenzorg (Bogor), tahun 1873.
Sedangkan alat transportasi yang digunakan di dalam kota adalah trem yang digerakkan oleh mesin uap. Trem merupakan angkutan massal pertama yang ada di Jakarta. Pada 1910, Jakarta sudah mempunyai jaringan trem.
Tahun 1960-an, Presiden Sukarno memerintahkan penghapusan trem karena dianggap tidak cocok lagi untuk kota sebesar Jakarta. Trem pun digantikan bus-bus besar.
Untuk transportasi jarak dekat, ada oplet dan becak. Ada pula bemo yang mulai dipakai sejak tahun 1962. Tahun 1970-an, muncul helicak dan bajaj. Meski sudah dilarang beroperasi, kita masih bisa menemukan beberapa jenis alat transportasi ini.
Saat ini, alat transportasi darat yang biasa dimanfaatkan masyarakat adalah bus dan kereta listrik. Pemerintah pun berusaha mengembangkan transportasi massal yang modern dan murah seperti bus TransJakarta. Di masa depan, rencananya, akan ada monorel yang lebih cepat dan canggih.
Meski sarana transportasi sudah semakin canggih, alat transportasi tradisional seperti andong atau delman masih banyak kita temui. Misalnya, di Yogyakarta.
Transpostasi Udara
Sejarah transportasi udara di Indonesia terkait dengan sejarah kemerdekaan. Untuk kemudahan transportasi, pada 1948, mantan presiden Soekarno membeli dua pesawat tipe DC-3 dari Singapura. Pembelian pesawat tersebut didanai para pengusaha asal Aceh. Wilayah Aceh kala itu merupakan bagian Indonesia yang belum tersentuh Belanda.
Sebagai bentuk penghargaan kepada Aceh, dua pesawat tersebut dinamai RI-001 Seulawah Agam dan RI-002 Seulawah Inong. Pesawat tersebut melakukan penerbangan pertama pada 26 Januari 1949 dengan rute penerbangan Calcutta-Rangoon. Kedua pesawat tersebut menjadi cikal bakal perusahaan penerbangan pertama tanah air yaitu Garuda Indonesia.
Industri penerbangan nasional dirintis tahun 1946 di Yogyakarta oleh tim Angkatan Udara Republik Indonesia yang dipelopori Wiweko Soepono, Nurtanio Pringgoadisurjo, dan J. Sumarsono. Salah satu hasil rancangannya adalah pesawat Si Kumbang yang melakukan penerbangan pertama pada 1 Agustus 1954.
Pada 26 April 1976 industri pesawat terbang itu berkembang menjadi PT. Industri Pesawat Terbang Nurtanio (IPTN) yang didirikan dengan DR. B.J. Habibie. Salah satu hasil karya IPTN adalah prototipe pesawat turbo N-250 yang pertama kali terbang selama 55 menit, pada 10 Agustus 1995. Namun industri pesawat terbang ini harus berhenti karena kekurangan dana akibat krisis moneter pada 1997.

Sumber :  http://www.majalahbravo.com/artikel/wawasan/301-perkembangan-transportasi-di-indonesia

Kamis, 03 Mei 2012

PROGRES TIM RISET

Hai teman-teman,,,
Tim Riset Sipil Lingkungan semakin menggeliat di tahun ini. Berbagai ajang perlombaan saat ini tengah dihadapi tim Riset Sipil dan Lingkungan. Banyak juga diantaranya yang sukses dan kini tengah menjadi finalis. Nah, ini ada beberapa progres dari Tim Riset Sipil dan Lingkungan kita :)

LOMBA JEMBATAN
----CIVIL EXPO ITS (sudah berlalu)
Ada 6 tim :
  • Mahdi & Angga
  • Ardy & Ismail H
  •  Murni & Felix
  • Mo & Edith
  • Rahman & Rezaqul
  • Risa dan Lugas

HASILNYA : tidak ada yang lolos dan UI dapat peringkat 20


LOMBA Rancang Kuda-Kuda UGM (yang mengikuti adalah anak-anak Jembatan)
Ada 2 tim :

TIM BHISMO DAN TIM KARALIS
  • Aldy Gustinara
  • Arief Fadliansyah
  • Gilang Bhisma Pratama
  • Arya Chunata
  • Bonifacious Jovianto
  • Ferdian Irbany
HASILNYA : 2 tim LOLOS dan masuk FINAL

LOMBA MAKET PNJ
Ada 1 tim, yaitu Tim Bangunan. Tim ini juga sudah mengirim proposal dan maket stasiun kereta. Namun, akhirnya batal ikut karena pengubahan jadwal mendadak H-1 dari pihak PNJ (saat itu bertepatan dengan ITS)

LOMBA WATER FRONT CITY (BEM ITS)
Ada 1 tim yang terdiri dari Felix, Wanda dan Eta (semuanya 2009). Mereka sudah mengirimkan proposal tanggal 16 April lalu dan saat ini tengah menunggu pengumuman. SEMOGA SUKSES YA :)

LOMBA KUDA-KUDA UGM yang diikuti oleh Tim Bangunan sebenarnya ada tambahan lagi nih...
Dua tim lainnya selain tim Aldy, Bhisma dan Arief (yang juga merupakan Tim Bangunan), yaitu :
TIM 1  terdiri dari Rara, Kemal dan Danu
TIM 2 terdiri dari Wanda, Deta dan Aldo

LOMBA BETON PNJ
Ada satu tim dan mereka sudah membuat makalah dan sampel beton. Namun, sangat disayangkan karena lagi-lagi terjadi perubahan jadwal secara mendadak dimana saat itu kita sedang UTS. :(

LOMBA BETON UNTAR
Ada 1 tim yang terdiri dari Nanda, Gabby dan Herlambang (nah, ini 2008 bro n sist). Saat ini mereka sudah mengirimkan proposal dan sampel betonnya. Kini tengah menunggu pengumuman dari panitia. (Semoga sukses kakaaa....)

LOMBA ELSEVIER (Tingkat Dunia, mannn...)
Ada 1 tim dan sudah mengumpulkan proposalnya tanggal 15 April ini. Mereka mengadakan penelitian tentang suplai air di kawasan Citarum serta penelitian tentang tercemarnya air sungai oleh logam berat.

Nah, itu dia sekelumit progres dari Tim Riset. Selain lomba-lomba di atas juga kita sudah mengirimkan 3 proposal PKM-GT dan sekarang tengah menunggu hasilnya. Baru-baru ini GG TEAM juga berhasil jadi Juara I nih di Singapore. Dari 3 anggotanya, 2 diantaranya itu anak Sipil lho. Ya, mereka adalah Visarah dan Anita...
SELAMAT..SELAMAT... :)

Seperti kata pepatah, 'ANAK SIPIL ITU JAGO DI RUANGAN DAN JUGA JAGO DI LAPANGAN'..
Saat ini kita juga tengah aktif di KERSOS 2012 nih... Adapun bantuan Tim Riset di KERSOS 2012...

Perancangan jembatan untuk proyek kersos 2012
Pengolahan air bersih untuk proyek kersos (apabila dibutuhkan warga disana)
Penyuluhan tentang komposting untuk proyek kersos

Wah, bangga nih jadi ANAK SIPIL LINGKUNGAN. Semakin jaya, semakin eksis aja...
Ayo yang lain, mari bergabung dan menorehkan prestasi.
SIPIIIIIIIL......