#footer-column-divide { clear:both;background: #3B5998;color:#ffcc66; } .footer-column { padding: 10px; }

Selasa, 08 Januari 2013

Sejarah CARTALA


CARTALA (Civil and Environmental Scientific Association)

     Dimulai dengan nama Tim Riset Sipil – Lingkungan pada tahun 2010, program kerja yang berada dibawah koordinasi IPTEK IMS FTUI, Try Puji Santoso S’07 membawa arus Tim Riset Sipil ini untuk lebih fokus ke KJI dan KBGI. Sementara itu, Tim Riset Lingkungan yang dikomando oleh Osha Ombasta L’07 melakukan riset mengenai penggunaan kertas damar untuk OIM UI. Namun, pada tahun ini, Tim Riset Sipil – Lingkungan UI belum mendapatkan pencapaian yang memuaskan karena keadaan yang minim dukungan. Setelah itu, Achmad Damar S’08 sebagai koordinator Tim Riset Sipil untuk tahun 2011 berhasil mengirim 2 tim ke KJI KBGI dengan tambahan 2 tim ekstensi.Pencapaian terbaik pada tahun ini adalah Juara 1 kategori Model Jembatan Busur. Hasil yang cukup signifikan di tahun ini, menyangkut kemampuan, komitmen anggota, teknis, dan juga pendanaan.

Kemudian, Felix Cahyo Kuncoro Jakti S’09 bersama awak Tim Riset Sipil – Lingkungan 2012 pun terus melanjutkan kejayaan DTS UI di kancah perlombaan sipil dengan terus memenangkan prestasi membanggakan. Hasilnya adalah total 7 prestasi yang berhasil direngkuh oleh tim ini selama satu tahun kepengurusan. Tahun berikutnya, terjadi beberapa pergolakan di tim riset sipil – lingkungan, sehingga proses menuju lomba KJI KBGI dan lomba sipil lain lebih banyak dipegang oleh IPTEK IMS FTUI 2013. Namun begitu, pada tahun 2013, DTS UI tetap dapat meningkatkan jumlah prestasi dari sebelumnya 7 menjadi 9 prestasi.

Akhir tahun 2013, mahasiswa sipil dan lingkungan angkatan 2011 secara bersama-sama ingin menghidupkan kembali tim riset sipil – lingkungan dengan dibawah koordinasi IPTEK IMS FTUI 2014 dimana agar memberikan suasana keilmiahan yang lebih baik di DTS UI. Istilah Tim Riset pun mulai diubah menjadi Tim Keilmiahan agar lebih sejalan dengan apa yang dijalankan oleh tim ini. CARTALA adalah nama yang diambil berdasarkan persetujuan hasil diskusi. Nama ini berasal dari bahasa Sanskerta; Carola yang berarti siap bertempur dan Kartala yang berartibersinarCARTALA juga merupakan sebuah singkatan dari Civil and Environmental Scientific Association.

Dengan dibentuknya CARTALA ini, maka diharapkan mahasiswa teknik sipil dan lingkungan Universitas Indonesia dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkan di bangku kuliah dan dapat berkontribusi baik di setiap ajang perlombaan, maupun di lingkungan masyarakat. Maju Cartala, Mari Berprestasi! SIPIL! SIPIL SIPIL SIPIL!!!

0 komentar:

Posting Komentar