#footer-column-divide { clear:both;background: #3B5998;color:#ffcc66; } .footer-column { padding: 10px; }

Sabtu, 15 November 2014

IPTEK Event : Seminar Series "Giant Sea Wall : Our Future Megaconstruction"

Perkembangan peradaban manusia yang pesat merupakan tolak ukur dari kesejahteraan peradaban tersebut. Namun kemajuan peradaban yang tak diselaraskan dengan aspek ekologi justru dapat melenyapkan peradaban. Sejarah mencatat tak sedikit peradaban runtuh akibat bencana alam yang
disebabkan ulah manusia.

Jakarta dengan perkembangan dan pembangunan yang begitu pesat telah menjadikannya salah satu kota penting di dunia. Kini penduduknya telah mencapai 10 juta jiwa dan masih bertambah. Penyedotan air tanah untuk kebutuhan air domestik maupun komersial yang berlebihan dan tak sesuai area menyebabkan penurunan tinggi tanah dengan cepat. Diprediksikan tinggi tanah di utara Jakarta akan turun 7 meter pada 2080 sehingga permukaan tanah akan lebih rendah dari permukaan laut. Hal ini akan memperbesar kerusakan dari banjir rob. Bila tidak dicegah, pesisir Jakarta akan tenggelam dalam waktu yang relatif singkat. Pemerintah Indonesia kini telah bekerja sama dengan pemerintah Belanda untuk mencanangkan proyek Giant Sea Wall. Giant Sea Wall sendiri merupakan salah satu proyek dari National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) yang bertujuan untuk melindungi dan mengembangkan pesisir ibu kota negara. Hal ini sangat diantisipasi oleh seluruh lapisan masyarakat khususnya pada bidang teknik sipil dan lingkungan.

Untuk itu, kami Ikatan Mahasiswa Sipil FTUI mengadakan seminar yang bertemakan "Giant Sea Wall : Our Future Mega Construction" pada tanggal 13 Oktober 2014. Seminar ini diisi oleh dua orang pembicara yang berkompeten dalam bidangnya yaitu Dr. Ir. Firdaus Ali, M.Sc. dan Ir. Sawarendro. Seminar ini terbagi jadi 3 sesi, yaitu:
1. Kebutuhan Jakarta akan Giant Sea Wall
- Apa itu Giant Sea Wall?
- Latar belakang Giant sea wall
- Kenapa harus giant sea wall?

2. Infrastruktur Giant Sea Wall
- Perencanaan dan pembiayaan Giant Sea Wall
- Konstruksi Giant Sea Wall: struktur, geoteknik, sumber daya air
- Maintenance konstruksi

3. Dampak Giant Sea Wall dari segi ekologi dan sosial
- Dampak Giant Sea Wall dari segi ekologi
- Dampak Giant Sea Wall dari segi sosial
- Maintenance lingkungan




Acara ini sangat disambut antusias oleh mahasiswa DTS UI. Terimakasih telah datang di Seminar Series ke-2 kami :)

0 komentar:

Posting Komentar